Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Saturday 24 December 2011

Setan Takut Kepada Orang Berilmu

Diceritakan bahwa suatu ketika Rasulullah saw, berangkat ke masjid hendak sholat, menjelang kakinya melangkah didepan pintu, ia melihat setan sedang berada disana, Rasulullah saw. curiga, Ia berhenti dan menanyai setan tersebut.

"Hei cucu Iblis, mengapa kau berada disini?"


"Aku tak tahu," jawabnya.

"Jangan berbohong, kau harus jujur kepadaku! apa sebenarnya yang hendak kau lakukan?" desak Rasulullah saw.

Setan kemudian menjawab apa adanya,"Sebenarnya aku hendak masuk kedalam masjid."

"Apa kepentinganmu masuk masjid?" tanya Rasulullah saw.

"Aku hendak menggoda orang yang sedang melakukan sholat, tetapi aku takut karena ada seseorang yang sedang tidur didekatnya, karena orang yang tidur itulah sehingga rencanaku gagal," ujarnya.

Rasulullah merasa heran mendengar pengakuan setan, mengapa ia tak gentar menggoda orang yang sholat, tetapi takut terhadap orang yang sedang tidur.

Rasulullah kemudian menanyakanya, "Apakah tidak keliru, mengapa engkau justru takut terhadap orang yang sedang tidur dari pada orang yang beribadah?".

"Aku tak takut kepada orang yang sedang sholat, karena ia bodoh, ia tidak mempunyai ilmu agama, ibadahnya dilakukannya asal-asalan, hanya ikut-ikutan, sedangkan orang yang sedang tidur itu mempunyai ilmu agama yang banyak."

"Apa bedanya Orang yang berilmu dan tidak?"

"Orang yang berilmu itu sulit digoda karena ia mempunyai pendirian kuat terhadap kebenaran, sedangkan orang yang rajin beribadah tetapi tak berilmu mudah aku ombang-ambingkan pendiriannya," kata setan menjawab pertanyaan Rasulullah saw.dengan jujur.

sumber : Koleksi Cerita Peneguh Iman - Abu Fajar Al Qalami

No comments:

Post a Comment